Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar CSS : Memahami Fungsi display:none (CSS yang Sangat Membantu dalam Desain Blog)

css-display-none

Fungsi CSS display:none - Selamat datang kembali di blog ini, di pertemuan kali ini saya akan kembali membagikan ilmu daging (ilmu yang bermanfaat) untuk anda para blogger pemula.

Setelah di artikel sebelumnya saya membahas tentang tag kondisional, nah di artikel ini kita akan membahas fungsi dari display:none.

Pengertian

Display:none dapat kita artikan bahwa display merupakan sebuah media atau objek dan kata none yang berarti tidak. Jadi dapat kita simpulkan bahwa display:none adalah sebuah media atau objek yang tidak ada.

Sebenarnya banyak sekali beberapa fungsi display yang ada di CSS, mulai dari display:block, display:flex, display:inline, display:grid, display:inherit, hingga display table.

Semuanya memiliki fungsi dan kegunaan masing masing. Tapi kali ini saya akan membahas display:none, karena saya rasa CSS ini sangat berfungsi dan sangat membantu dalam melakukan desain template blog.

Memahami display:none

Seperti yang sudah di jelaskan pada pengertian di atas. display:none dapat diartikan atau di fungsikan untuk mentiadakan objek.

Contohnya pada blog ini saya mentiadakan sidebar pada halaman homepage maka anda dapat menggunakan display:none. sebagai contoh perhatikan CSS di bawah ini.

<b:if cond='data:view.isHomepage'>
#sidebar-wrapper{
display:none
}
</b:if>

Dengan menggunakan kode display:none maka sidebar tidak akan tampil.

Ditambah lagi dengan penggunaan tag kondisional seperti <b:if cond='data:view.isHomepage'> yang memberitahu bahwa di homepage tidak usah ditampilkan sidebar.

Baca juga tag kondisional lainnya.

Penutup

Intinya kode display:none ini berfungsi untuk mentiadakan suatu objek. Dan kode ini bisa anda kolaborasikan dengan tag kondisional sesuka hati anda.

Sampai disini dulu pembahasan CSS tentang fungsi display:none, semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat untuk anda semua.

www.idscorpion.my.id

5 komentar untuk "Belajar CSS : Memahami Fungsi display:none (CSS yang Sangat Membantu dalam Desain Blog)"